Modul P5PPRA SMA 2024 Fase E dan F pada Kurikulum Merdeka

Konten [Tampil]

Kurikulum merdeka memiliki beberapa perbedaan dengan kurikulum 2013. Perbedaan yang paling mencolok adalah dengan diterapkannya Profil Pelajar Pancasila (P5). Untuk kementerian agama diberlakukan Profil Pelajar Pancasila dan RahmatanLil'alamin (P5PPRA). P5 merupakan sebuah pembelajaran dengan modul projek yang disesuaikan dengan tema yang telah disepakati oleh sekolah.

Kurikulum.co.id


Berikut ini modul p5PPRA jenjang SMA 

Modul Tema Kewirausahaan

Modul tema kewirausahaan merupakan modul fase E dengan subtema Wirausaha yang Berkarakter. Modul ini memiliki tujuan untuk membentuk karakter wirausaha yang mandiri, berpikiran global dan memiliki jiwa jujur serta bertanggung jawab. 

Dalam modul kewirausahaan ada 4 fase yang dituangkan yakni fase pengenalan, fase kontekstual, fase aksi dan refleksi.

Modul Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

Modul dengan tema gaya hidup berkelanjutan adalah salah satu tema di pase E yang topiknya Mengelola Sampah menjadi berharga. Sampah akan menjadi barang barang jadi jika mampu dimanfaatkan dengan baik.

Tema gaya hidup berkelanjutan dengan salah topik yang diangkat yakni tentang pengelolaan sampah ini akan menjadi salah satu pembelajaran tentang bagaimana memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi bermanfaat dan berguna untuk kehidupan berkelanjutan.

Modul Tema Bangunlah Jiwanya

Modul ini di fase F yang menanamkan karakter antara lain dengan topik senam yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap jiwa dan raga yang sehat.

Tema bangunlah jiwanya dengan mengangkat topik tentang senam Nusantara ini dimaksud agar siswa memiliki kepedulian dalam menjaga kesehatan mental dan raganya.

Modul Tema Bhineka Tunggal Ika

Modul tema Bhineka Tunggal Ika pada fase F mengambil topik tentang Tarian Nusantara. Tujuan tema projek ini antara lain untuk menanamkan cinta tanah air.

Tema yang diangkat dalam melaksanakan projek Bhineka Tunggal Ika adalah mengenal tarian Nusantara dan mampu mengkreasikan tarian Nusantara.

Modul Tema Rekayasa Teknologi

Tema projek ini adalah Rekayasa Teknologi yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap mandiri dan kreatif.

Sikap mandiri tergambar dalam tahapan projek yang dilaksanakan pada projek Rekayasa Teknologi. Diharapkan dengan melaksanakan projek rekayasa teknologi ini siswa akan semakin kreatif melakukan berbagai riset tentang teknologi.

Modul Tema Suara Demokrasi 

Modul suara demokrasi mengambil topik Simulasi Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS. Siswa akan melaksanakan projek suara demokrasi dengan tujuan agar siswa mengetahui cara-cara praktik berdemokrasi di Indonesia, pelanggaran-pelanggaran demokrasi serta solusi yang mesti dilakukan untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran demokrasi tersebut.

Modul Tema Kearifan Lokal

Modul tema kearifan lokal bermaksud agar siswa mengenal keunikan yang ada di daerah nya masing-masing. Keunikan itu akan diangkat dalam bentuk aksi dengan konsep membuat karya yang mengenal kearifan lokal.

Modul dengan tema kearifan lokal di masing-masing daerah tidaklah sama tergantung keunikan daerah masing-masing. Siswa diharapkan dapat mengenal keunikan daerahnya dan mengangkatnya dalam bentuk karya yang dapat dikenal oleh banyak orang 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kurikulum terbaru Anda dapat mengakses kurikulum.ac.id  dan mendapat banyak rujukan tentang kurikulum yang ada di Indonesia.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.